Social Icons

Pages

Sunday, May 26, 2013

Masjid Agung Palembang


 
Masjid Agung Palembang terletak di Kelurahan 19 Ilir,Kecamatan ilir Barat 1
Kodia Palembang,Provinsi Sumatera Selatan,berada di persimpangan Jalan Merdeka (sebelah selatan) dan Jalan Sudirman (timur). Sedangkan sebelah barat berbata dengan jalan kecil berjarak ± 60 m yaitu Jalan Guru ru. Secara geografis Palembang terletak antara 1,5°-2° LS dan 101°-102° BT dengan ketinggian 120 m di atas permukaan laut. Keadaan tanahnya terdiri dari pasir dan merupakan tanah datar.
Deskripsi Bangunan
Masjid Agung Palembang terletak pada lahan seluas ± 15.400 m2. Arah hadap masjid ke selatan (menghadap sungai Musi). Masjid dikelilingi pagar dan pada sisi barat, timur,dan selatan halaman terdapat pintu masuk ke halaman masjid. Luas halaman masjid ± 2.250 m2 dan dipergunakan untuk shalat pada hari Jum’at dan hari raya (shalat Ied). Masjid agung tersebut terdiri atas ruang utama, serambi,dan bangunan tambahan.
 
Latar Sejarah
Masjid Agung Palembang atau lebih terkenal dengan nama Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin dibangun oleh Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo. (Sultan Mahmud Badaruddin I) pada tahun 1738. Beliau memerintah di Kesultanan Palembang pada tahun 1724-1758. Pembangunan masjid memakan waktu selama sepuluh tahun. Menara masjid yang terlihat sekarang merupakan menara baru dan didirikan pada tahun 1970 dan merupakan sumbangan dari Pertamina. Bangunan masjid mempunyai perpaduan gaya Eropa yang terlihat pada pintu, gaya Cina pada bagian ujung atap yang terjurai dengan hiasan simbar. Status pemilikan Masjid Agung Palembang dikelola oleh Yayasan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin.(F.N sumber ditjen kebudayaan depdiknas)

No comments:

Post a Comment

 

List Wisata Alam

Wisata Alam

Wisata Sejarah

Wisata Sejarah

Wisata Kota

Wisata Kota